VISI DAN MISI


 Visi 

Menjadi prodi PBI yang unggul dalam menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Inggris yang kompeten dan mampu mengamalkan ajaran Tamansiswa.

Penjelasan istilah unggul, kompeten dan ajaran Tamansiswa adalah sebagai berikut:
Unggul: adalah kualitas Prodi dalam:
1. Merancang kurikulum, silabus, bahan ajar, SAP, dan alat evaluasi yang sesuai dengan kebutuhan lapangan dan pengembangan Prodi PBI.
2. Melaksanakan pembelajaran kreatif dan inovatif yang mampu meningkatkan produktitas mahasiswa.
3. Mencetak lulusan PBI yang berkualitas dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.
4. Mencetak lulusan PBI yang memiliki pembudayaan yang luhur.
5. Mencetak lulusan PBI yang dapat bersaing di tingkat global.

  Kompeten: adalah kualitas Prodi dalam hal:
1. Mampu mengembangkan media pembelajaran berbasis IT serta kurikulum yang berlaku.
2. Mampu mengembangkan pengajaran bahasa Inggris dengan melakukan penelitian.
3. Mempunyai bekal yang memadai untuk dan menulis ilmiah dalam bahasa Inggris untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
4. Mampu beradaptasi dengan berbagai perubahan kurikulum dalam pelaksanaan pembelajaran dengan tetap mengamalkan ajaran Tamansiswa.
5.  Mempunyai wawasan kewirausahaan.

Ajaran Tamansiswa: adalah kualitas Prodi dalam menerjemahkan ajaran Tamansiswa berikut dalam proses pendidikan di PBI:
1. Mampu melaksanakan pembelajaran dan pembimbingan  yang bermuara pada kemandirian anak didik dengan mengamalkan prinsip budaya luhur Tamansiswa sebagai berikut:
a.  Ing ngarso sung tulodho, ing madyo mangun karso dan tut wuri handayani, bahwa pendidik mampu memerankan berbagai peran dalam beragam konteks proses pembelajaran di depan sebagai contoh, di tengah memberi motivasi dan di belakang mengikuti kehendak  anak didik  untuk memedekakannya.
b.  Niteni Niroke dan Nambahi  bahwa  dalam proses pembelajaran pendidik mengakomodasi aspek pengembangan ilmu yang disampaikan.
c.  Ngerti, Ngrasa, Nglakon bahwa dalam proses pembelajaran pendidik perlu merancang aktivitas pembelajaran  mulai dari pemahaman (kognitif), pengembangan sikap (afektif) anak didik sampai pada pengamalan/ penerapannya dalam dunia nyata.
d.   Cipta Rasa dan Karsa
Pembelajaran diharuskan untuk mengembangkan kreatifitas anak didik yang merefleksikan keseimbangan antara kognitif, afektif (olah rasa), dan psikomotorik.
2. Mempunyai wawasan kebangsaan.
3. Mendidik lulusan menjadi jiwa mandiri.
4. Mampu mengelola diri dan memerdekakan diri anak didiknya.
5. Mendidik lulusan mempunyai pribadi yang tertib damai, salam dan bahagia.

Misi

Berdasarkan rumusan visi di atas, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris menetapkan misi sebagai berikut :
1. Menyelenggarakan pendidikan bahasa Inggris untuk menjadi sarjana yang kompeten, mandiri dan bertanggungjawab dalam melaksanakan profesi mereka.
2. Melaksanakan penelitian untuk mengembangkan pendidikan bahasa Inggris serta keilmuan terkait.
3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat di bidang pendidikan bahasa Inggris berdasarkan hasil kajian dan penelitian dosen untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa.
4. Menjalin kemitraan dengan berbagai lembaga, baik di dalam dan luar negeri untuk meningkatkan kompetensi institusi, dan civitas akademika dalam bidang pendidikan bahasa Inggris serta keilmuan terkait.
5. Berpartisipasi aktif dalam upaya pelestarian dan pengembangan kebudayaan nasional berbasis ranah pendidikan bahasa Inggris.


 Tujuan

Tujuan yang ingin dicapai prodi PBI UST adalah sebagai:
1. Diluluskannya sarjana Pendidikan Bahasa Inggris yang kompeten dan berbudi pekerti luhur sesuai ajaran hidup Tamansiswa.
2. Dihasilkannya karya penelitian, kajian dan publikasi karya ilmiah yang berkontribusi dalam mengembangkan keilmuan pendidikan bahasa Inggris demikemajuan bangsa, serta kemajuan peradaban dan kesejahteraan umat manusia.
3. Terlaksananya pengabdian kepada masyarakat berbasis penalaran dan karya penelitian yang bermanfaat dalam memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.
4. Terlaksananya kerjasama dengan berbagai institusi di dalam dan luar negeri di bidang pendidikan bahasa Inggris sesuai ajaran hidup Tamansiswa.
5. Terlaksananya upaya pelestrian dan pengembangan kebudayaan Nasional berbasis ranah pendidikan bahasa Inggris.